BTCClicks.com Banner bitcoinaliens

www.speedcash.co.id

bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

www.fasapay.co.id

FasaPay Online Payment System

TSEL COMUNITY

Gratis Nelpon dan SMS

Rabu, 16 Februari 2011


Belajar Saja Tidak Cukup Untuk LULUS Ujian

Berdasarkan hasil survey terdapat 2 faktor utama yang menentukan keberhasilan lulus ujian. Factor tersebut ialah factor teknis dan factor non teknis. Yang temasuk dalam teknis adalah belajar, tahap belajar ini meliputi serangkaian proses seperti , membaca, menghafal, memahami, berlatih, dsb.
Akan tetapi, tahukah anda factor teknis ini hnya mencakup 75% dari syarat agar bias lulus ujian. Sisa 25% meliputi persipan mental, pemilihan alat tulis yang sesuai dengan standar ujian, ketelitian, dsb.
1.       Persiapkan Fisik Anda

Konsentrasi  prima  sangat di butuhkan soal ujian, agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan, maka diperlukan fisik yang sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan di anjurkan berolahraga secara teratur. Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidakmengantuk ketika mengerjakan soal ujian.

2.       Lakukan Persiapan Mental

Tidak kalah penting adalah persiapan mental. Aturlah emosi agar tetap tenang,hindari perasaan tegang,  cemas, khawatir sebab jika tidak mamu mengatur perasaan tersebut, maka akan mengganggu konsentrasi dan memberika dampak negatif. Salah satu cara untuk mengendalikan emosi adalah dengan jika tidak mamu mengatur perasaan tersebut, maka akan mengganggu konsentrasi dan memberika dampak negatif. Salah satu cara untuk mengendalikan emosi adalah dengan berdoa.

3.       Peralatan ujian

Peralatan ujian yag umum adalah ballpen, pensil, penggaris, pengapus, kalkulator, dsb. Untuk ujian akhir nasionalperalatan yang di butuhkan adalah :

-          Gunakan pensil dengan gade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) dan DMR (Digital Mark Reader) tes.
-          Gunakan pensil yang mempunyai diameter inti pensil paling besar, sehingga membuat pensil lebih kokoh dan tidak mudah patah.
-          Pilih pens dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
-          Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB karena penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan debu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak mengganggu proses koreksi/scanning.
-          Rautan dengan pisau tajam.
-          Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari jawaban agar hasilnya lebih rapi.
-          Bawalah papan alas agar lembar jawaban tetap rapid an menghindari kertas jawaban robek akibat permukaan meja tidak rata.
-          Pilihlah papan alas yang rata, tidak mudah melengkung, dan licin. Dianjurkan menggunakan papan acrylic untuk hasil maksimal.

4.       Periksa soal

Periksa kelengkapan soal dan kertas jawaban anda. Periksalah kertas jawaban anda. Kertas jawaban harus diterima dalam kondisi bersih, rapi, dan tidak boleh terlipat. Mintalahkertas jawaban baru kepada pengawas apabila kondisinya kotor, rusak dan terliat.

5.       Baca perintah ujian

bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu – buru, sebab sering kli mengabaikan perintah menjawab soal membuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban.

6.       Kerjakan soal dari  yang termudah

Kerjakan soal dari yang anda anggap paling mudah terlebih dahulu, lalu teruskan ketingkat yang lebih sulit. Kerjakan soal – soal yang ada dengan tenang dan tidak terburu – buru. Untuk soal pilihan ganda , berhati hatilah ketika meingkari, jangan sampai satu nomor dua terisi dua kali. Untuk ssoal ujian esai pikirkan dulu jawaban sebelum menjawab, langsung jawab ke point utama sehingga jawaban tidak bertele tele. Buat kerangka singkat dengan mencatat beberapa ide yang ingin kamu tulis.

7.       Sisihkan 5% dari total waktu untuk periksa kembali jawaban

Periksa kembali seluruh  jawabanmu mulai dari kolom identitas, nomor ujian, dan jawaban. Jangan  terpengaruh oleh teman yang sudah lebih dulukeluar. Pastikan lembar jawaban anda bersih, tidak ada bekas cretan dan serbuk penghapus yang tertinggal.

8.       Tutup denga doa.

Ucapkan rasa terima kasih karena sudah membimbing anda selama proses ujian.
(TIPS MERAIH SUKSES MENGHADAPI UJIAN – FABER CASTELL)

TSEL COMUNITY

Tawk.to